CAMPURASRI.NGAWIKAB.ID – Asman Toga merupakan kepanjangan dari Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga. Asman Toga sendiri merupakan upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri dengan memanfaatkan Toga (Taman Obat Keluarga).

Dalam upaya ini, Desa Campurasri Kecamatan Karangjati telah memiliki Kelompok Asman Toga yang dinamakan Asman Toga Asy-Syifa Asri 3 tahun yang lalu.

Asy-Syifa Asri sendiri telah memiliki lahan tanaman obat di pekarangan Ketuanya, Ibu Suwarti,S.Pd, serta sudah mampu membuat produk olahan jamu “JARE SEPI” (jahe gula aren serai jeruk nipis). Namun demikian, pembinaan-pembinaan tetap dilaksanakan demi tercapainya Asman Toga yang makin baik.

Seperti halnya kemarin hari Rabu (17/11), UPT Puskesmas Karangjati melaksanakan pembinaan kepada semua pengurus Asman Toga Asy-Syifa Asri dengan pendampingan ibu Ketua TP-PKK.

Berikut ini rangkaian kegiatan pembinaan yang dilaksanakan :

pemberian materi
Proses Peracikan Bahan dari tanaman obat (TOGA)
proses pembuatan minuman/jamu dari TOGA
Proses Pengemasan Produk

“Semoga pembinaan dan pelatihan-pelatihan semacam ini terus bisa terlaksana demi kemajuan Asman Toga Asy-Syifa Asri. Kami ucapkan banyak terimakasih atas semua ilmu yang diberikan UPT PKM Karangjati,” ucap Ny.Lilik Nuraini selesai acara

Share and Enjoy !

Shares